Frequently Asked Questions

Operasional

NeoClinic buka jam berapa dan hari apa saja?

Untuk jam operasional kami buka setiap hari Senin – Minggu pukul 09:00 – 15:00 WIB di semua cabang NeoClinic.

Sedangkan untuk layanan Hotline dan WhatsApp Hello Neo kami melayani setiap hari Senin – Minggu pukul 09:00 – 17:30 WIB.

Bagaimana cara menghubungi tim NeoClinic?

Silakan hubungi Hotline Hello Neo 1500-889 atau WhatsApp ke nomor 0817-0500-465.

Anda juga bisa meninggalkan pertanyaan dan permintaan dengan cara klik di sini

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses Swab Test di NeoClinic?

Proses pengambilan sampel tes hanya membutuhkan waktu ± 2 menit.

Bagaimana cara booking di NeoClinic?

Untuk melakukan booking, silahkan klik di sini.

Hasil test bisa didapatkan melalui apa?

Hasil Swab Test akan dikirim melalui nomor Whatsspp yang sudah terdaftar saat registrasi, untuk hasil hard copy bisa Anda dapatkan di cabang tempat Anda melakukan Swab Test.

Apakah ada perbedaan dalam mendapatkan hasil test khususnya utuk klien prioritas di setiap cabang NeoClinic?

Tidak ada perbedaan dalam mendapatkan hasil tes untuk semua klien di semua cabang NeoClinic. Kami menerapkan protokol yang sama untuk semua cabang NeoClinic dan akan melakukan yang terbaik untuk semua klien kami.

Layanan

Apa perbedaan Swab Test Antigen dan Test PCR?

Swab Antigen adalah pemeriksaan imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menunjukan adanya infeksi virus saat ini. Swab Antigen ini menggunakan metode pengambilan sampel cairan pernafasan melalui bagian atas tenggorokan yang terletak di belakang hidung (Nasofaring) atau bagian 2-2,5 cm dari lubang hidung (Nasal). Untuk hasilnya membutuhkan waktu antara 30 – 60 menit.

Sedangkan Swab PCR adalah pemeriksaan untuk mendapatkan sampel yang digunakan dalam metode PCR untuk mengetahui adanya infeksi. Swab PCR ini menggunakan metode pengambilan sampel cairan yang diambil dari bagian atas tenggorokan yang terletak di belakang hidung (Nasofaring) dan tenggorokan (Orofaring) yang membutuhkan waktu sekitar 1 hari karena membutuhkan waktu untuk memeriksa berbagai sampel.

Berapa persen sensitivitas Swab Test Antigen?

Swab Antigen memiliki tingkat sensitivitas di atas 80%.

Berapa persen sensitivitas Swab Test PCR?

PCR Test memiliki tingkat sensitivitas di atas 94%.

Hasil Tes

Kemana hasil tes akan dikirimkan setelah melakukan tes di NeoClinic?

Untuk hasil tes, anda bisa melihat hasil tes dengan klik link yang dikirimkan ke Email maupun WhatsApp Anda sesuai pemilihan awal pada saat register di Booking NeoClinic tapi link tersebut hanya berlaku 7 hari sejak dikirimkan.

Anda juga bisa melihat hasil tes pada akun di Booking NeoClinic, berikut langkah-langkahnya :

  • Kunjungi link https://booking.neoclinic.id.
  • Klik “Masuk/Daftar” pada tombol di sebelah kanan atas.
  • Masukan Nomor WhatsApp anda lalu klik “Lanjutkan”.
  • Anda akan menerima kode OTP ke WhatsApp, masukan ke kolom OTP pada browser.
  • Pilih “Hasil Test”, lalu pilih tanggal tes yang ingin anda lihat hasilnya.
  • Pilih “Daftar Test”, lalu klik ikon “Download”.
Bagaimana cara melihat hasil tes yang telah dilakukan beberapa hari yang lalu?

Anda dapat melihat riwayat hasil tes untuk tes yang pernah dilakukan pada akun di Booking NeoClinic dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Kunjungi link https://booking.neoclinic.id.
  • Klik “Masuk/Daftar” pada tombol di sebelah kanan atas.
  • Masukan Nomor WhatsApp anda lalu klik “Lanjutkan”.
  • Anda akan menerima kode OTP ke WhatsApp, masukan ke kolom OTP pada browser.
  • Pilih “Hasil Test”, lalu pilih tanggal tes yang ingin anda lihat hasilnya.
  • Pilih “Daftar Test”, lalu klik ikon “Download”.
Kapan hasil tes akan diterima setelah melakukan tes di NeoClinic?

Apabila anda melakukan tes Swab Antigen, hasil tes akan dikirimkan maksimal 2 Jam setelah tindakan/tes.

Jika anda melakukan tes Swab PCR, hasil tes akan dikirimkan H+1 (esok hari setelah tindakan/tes) maksimal pukul 18:00 WIB.

Berapa lama masa berlaku surat hasil tes?

Masa berlaku hasil tes bergantung dengan penggunaannya. Apabila untuk perjalanan maka tergantung dengan kebijakan daerah / negara tujuan. Apabila untuk kebutuhan pribadi, maka kami menyarankan melakukan pengetesan dalam 1 minggu. Surat hasil tes berlaku sejak tanggal dan jam pengambilan sampel.

Saya sudah pernah melakukan tes di NeoClinic sebelumnya dan hasilnya keluar lebih cepat dari perkiraan. Tetapi kali ini saya tes dan hasil keluarnya lebih lama dari sebelumnya. Kenapa bisa begitu?

Hasil tes bergantung pada antrian sampel di dalam laboratorium kami, namun kami tetap berkomitmen untuk memberikan hasil sesuai dengan waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing tes.

Apakah NeoClinic bisa memberikan rekomendasi jika hasil Swab Test saya dinyatakan positif?

Saran utama yang akan kami berikan adalah segera melakukan isolasi mandiri atau rawat inap di rumah sakit, tergantung dari tingkat gejala yang dirasakan oleh pasien dan segera konsultasi dengan dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Jika sebelumnya hasil PCR Test saya pernah positif, apakah ketika melakukan test kembali akan positif lagi?

Belum tentu, karena PCR Test memiliki banyak faktor, tergantung dari imunitas tubuh yang terbentuk dan waktu pemeriksaan atau pengambilan sampel.

Bagaimana untuk tindak selanjutnya ketika hasil Swab Test Antigen reactive?

Disarankan untuk melakukan pemeriksaan PCR Test sebagai diagnosa pasti.

Untuk Swab Test Antigen ketika hasilnya reactive apakah dianjurkan untuk langsung PCR Test?

Tentu saja. Kami sangat menyarankan untuk melakukan PCR Test untuk memberikan diagnosa yang maksimal.

Jika hasil tes saya dinyatakan positif virus Covid-19, apakah saya bisa mendapatkan surat rujukan untuk rawat inap atau isolasi?

NeoClinic tidak dapat mengeluarkan surat rujukan rawat inap atau isolasi mandiri, kami hanya bisa mengeluarkan hasil Swab Test.

Pembayaran

Metode pembayaran apa saja yang dapat digunakan jika melakukan pemesanan di website Booking NeoClinic?

Metode pembayaran yang tersedia pada saat order di website Booking NeoClinic, sebagai berikut :

Virtual Account

  • BCA Virtual Account
  • BRI Virtual Account
  • Permata Virtual Account
  • BNI Virtual Account
  • Mandiri Virtual Account

Credit Card

  • Visa / Mastercard

Bayar di Tempat

  • QRIS
  • Gopay
  • OVO
  • Credit Card
  • Debit Card
  • Platform Penjualan Kami (Ralali.com, Tokopedia, Traveloka atau Tiket.com)
Apakah pembayaran dapat menggunakan uang tunai jika memilih bayar di tempat?

Untuk saat ini pembayaran di tempat hanya bisa menggunakan metode pembayaran elektronik (cashless) seperti yang telah disebutkan di atas

Apakah pembayaran bisa menggunakan asuransi untuk melakukan tes di NeoClinic?

Saat ini kami belum menerima pembayaran menggunakan asuransi. Tetapi kami bisa memberikan bukti pembayaran sebagai syarat untuk klaim asuransi.

Apakah bisa untuk mendapatkan bukti faktur pajak dari NeoClinic?

NeoClinic hanya bisa memberikan bukti faktur pajak untuk perusahaan atau instansi saja. Kami tidak bisa memberikan faktur pajak jika anda melakukan tes Swab mandiri tanpa atas nama perusahaan.

Apakah bisa mendapatkan invoice atau bukti bayar dari NeoClinic?

Bukti pembayaran atau invoice dapat diunduh secara mandiri di Booking NeoClinic setelah pembayaran telah terverifikasi atau dinyatakan lunas. Bukti pembayaran atau invoice diterbitkan untuk setiap order/pesanan yang telah dibayarkan, bukan per pasien dalam satu order/pesanan.

Pengembalian Pembayaran

Apakah setelah order dan bayar bisa dibatalkan?

Pengembalian pembayaran/refund tidak dapat dilakukan dengan alasan apapun apabila Anda telah menggunakan/mendapatkan/menerima produk dan/atau jasa Neoclinic yang tertera dalam pesanan yang telah Anda buat.

Apa saja kondisi yang dapat membuat order yang sudah dibayar dapat dibatalkan dan menerima pengembalian pembayaran/refund?

Pengembalian pembayaran (secara keseluruhan atau selisih pembayaran) hanya terbatas pada minimal salah satu dari peristiwa-peristiwa berikut ini:

  1. Kelebihan pembayaran atas produk (hanya terjadi jika menggunakan transfer manual melalui QRIS/Card Swipe dan telah dikonfirmasi oleh NeoClinic);
  2. Produk dan/atau jasa tidak tersedia;
  3. Anda ingin mengubah lokasi cabang NeoClinic sebelum waktu pelaksanaan tes karena adanya kesalahan dalam pemilihan lokasi cabang NeoClinic dan telah melakukan pemesanan ulang untuk lokasi cabang NeoClinic yang sebenarnya;
  4. Anda ingin mengubah jumlah/jenis produk sebelum waktu pelaksanaan tes karena adanya kesalahan dalam pemilihan jumlah/jenis produk dan telah melakukan pemesanan ulang untuk jumlah/jenis produk yang sebenarnya;
  5. Jika pasien yang telah didaftarkan untuk melakukan tes meninggal dunia yang telah dibuktikan dengan akte kematian dan telah disetujui oleh NeoClinic.
Bagaimana cara mengajukan pengembalian pembayaran/refund?

Pengajuan pengembalian pembayaran/refund sesuai kondisi di atas dapat dilakukan dengan menghubungi Hotline Hello Neo 1500-889 atau WhatsApp ke nomor 0817-0500-465 untuk dilakukan proses selanjutnya yaitu pengisian Formulir Permohonan Pengembalian Pembayaran/Refund Request Form.

Berapa nominal pengembalian pembayaran/refund yang dapat diajukan?

Pengembalian pembayaran/refund yang dapat diajukan adalah sebesar nilai pesanan yang telah dibayarkan namun biaya administrasi yang telah dikenakan pada saat pemesanan bersifat final dan tidak dapat dikembalikan.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menerima pengembalian pembayaran/refund yang telah diajukan?

Estimasi waktu pengembalian pembayaran ke rekening Anda adalah 3-5 hari kerja setelah permintaan pengembalian pembayaran telah disetujui oleh NeoClinic, namun NeoClinic tidak memberikan jaminan terhadap keakuratan estimasi tersebut, dimana hal tersebut bergantung pada kebijakan masing-masing bank dan/atau waktu internal penyedia jasa pembayaran.